-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

TNI AL Gagalkan Penyelundupan 21 Kg Sabu, 3 Pria Diamankan

Jumat, 16 Agustus 2024 | Agustus 16, 2024 WIB Last Updated 2024-08-16T11:41:00Z
TNI AL Gagalkan Penyelundupan 21 Kg Sabu. (Foto: istimewa)

Sinar Medan.id | TBA

Pangkalan TNI AL (Lanal) Tanjungbalai Asahan (TBA), menggagalkan penyelundupan sabu seberat 21 Kg dari Malaysia di Perairan Asahan. Dalam pengungkapan itu, petugas juga mengamankan tiga orang pria.

Panglima Komando Armada I Laksamana Muda, TNI Yos Suryono mengatakan, pengungkapan tersebut berdasarkan informasi dari masyarakat ada pengiriman narkoba lewat laut masuk ke Perairan Asahan. 

Selanjutnya, petugas menindaklanjuti informasi tersebut dengan melakukan patroli.

"Berdasarkan informasi masyarakat sekitar bahwa akan ada pengiriman narkoba melalui laut masuk ke perairan Asahan. Selanjutnya, Danlanal Tanjungbalai Asahan menindaklanjuti hal tersebut dengan menggerakkan tim F1QR dan melakukan patroli di sekitar alur masuk Sungai Bagan Asahan," beber Yos Suryono di Markas Komando Lanal Tanjungbalai Asahan, Jumat (16/8/2024).

Yos menuturkan, petugas melakukan patroli selama dua hari. Hasilnya, pada Selasa (13/8/2024) sekira pukul 01.30 WIB petugas menemukan sebuah sampan yang diawaki tiga orang pria dengan tampilan tidak seperti nelayan pada umumnya.

Mereka tampak berpakaian rapi dan sampan berjalan perlahan saat air mulai surut. Setelah diperiksa, tidak ditemukan hasil ikan dan terdapat sebuah goni di bagian depan deck sampan.

"Patroli yang dilakukan selama dua hari, membuahkan hasil setelah tim melakukan pemeriksaan rutin terhadap semua kapal nelayan yang keluar masuk perairan, hingga pada pagi dini hari didapat ada kapal nelayan yang mencurigakan diperiksa dan di sana didapati barang bukti narkoba seberat 21.244 Gram," tuturnya.

"Selain barang bukti narkoba ini, diamankan tiga orang pria yang mengaku mendapat upah Rp 2 juta setiap kilogram yang berhasil dimasukkan," ungkapnya.

Ketiga pria tersebut, masing-masing berinisial AS, IH dan MD selaku nakhoda. Mereka merupakan warga Kecamatan Air Joman, Kabupaten Asahan.

Untuk barang bukti tersebut, dilakukan pengujian secara laboratorium untuk memastikan keasliannya. Sementara ketiganya diserahkan kepada Badan Narkotika Nasional (BNN).

(SM- Redaksi/Det)
×
Berita Terbaru Update