-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Menyambut Mudik Lebaran, Poldasu Siagakan Alat Berat di Titik Rawan Bencana

Rabu, 03 April 2024 | April 03, 2024 WIB Last Updated 2024-04-03T12:20:15Z
Sinar Medan.id | Medan

Untuk mempercepat penanganan jika bencana terjadi selama mudik lebaran 2024, sejumlah alat berat disiagakan Poldasu di lokasi rawan terjadi bencana, seperti longsor dan banjir di Sumatera Utara (Sumut). 

Kapoldasu Irjen Agung Setya Imam Effendi. (Foto: ist)

"Terkait menghadapi cuaca ekstrem yang akan terjadi selama puncak perayaan Idul Fitri, perlu saya sampaikan bahwa Polda Sumut telah menyiagakan berbagai peralatan, mulai dari buldoser, untuk mengantisipasi apabila ada jalan terputus karena longsor," kata Kapoldasu Irjen Agung Setya Imam Effendi, Rabu (3/4/2024).

Agung menuturkan, pihaknya telah mendapatkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) soal prediksi cuaca selama mudik lebaran itu. Ada dua daerah di Sumut, yakni Madina dan Pakpak Bharat yang diperkirakan akan diguyur hujan dengan intensitas tinggi.

"Kami mendapat informasi dari BMKG, bahwa curah hujan di wilayah Sumut akan ada beberapa daerah yang akan turun. Kemudian ditambah Pakpak dan Madina, daerah itu cukup tinggi curah hujannya, sehingga kita akan mengantisipasi," ujarnya.

Selain peralatan dari Poldasu, sejumlah peralatan dari SAR juga akan disiagakan.

"Demikian juga peralatan-peralatan yang lain tim SAR untuk pengamanan ataupun penyelamatan dan pencarian masyarakat bila terjadi banjir. Kapal karet kita dari Satuan Brimob dan Samapta, siap untuk diterjunkan," kata mantan Kapolda Riau itu.

Penanganan bencana alam ini, kata Agung, juga bekerja sama dengan dinas terkait di pemerintah setempat. Hal itu sebagai upaya untuk mempercepat penanganan bencana.

"Tentu kita kerja sama dengan stakeholder yang lain, dengan Dinas PUPR dan dinas-dinas terkait yang lain di pemerintah daerah supaya penanganan ini jadi lebih cepat dengan semakin banyak peralatan yang akan diturunkan," pungkasnya.

(SM - Redaksi/Det)
×
Berita Terbaru Update