-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Timses Caleg Menyelinap ke Ruangan PPK, Rekapitulasi Suara di Medan Ricuh

Minggu, 03 Maret 2024 | Maret 03, 2024 WIB Last Updated 2024-03-03T15:51:03Z
                          Penulis: RedaksiFoto: istimewa

SINAR MEDAN | MEDAN

Proses rekapitulasi suara di tingkat Kecamatan Medan Deli, Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut), sempat ricuh. 

Hal itu, diduga diakibatkan karena tim sukses (Timses) salah seorang Calon Legislatif (Caleg) diduga menyelinap masuk ke ruangan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Berdasarkan video yang viral, Minggu (3/3/2024), tampak sudah ramai warga berada di lokasi kejadian. Warga di lokasi, terdengar mempertanyakan kenapa orang tersebut bisa masuk ke ruangan PPK.

"Diduga ada masuk saksi dari salah satu caleg, masuk ke dalam ruangan PPK. Lagi dikejar dan sudah tertangkap," ujar pria yang merekam video itu.

Pada video lain, ada satu orang laki-laki yang tampak tengah diinterogasi. Di sekeliling pria itu sudah ramai orang. Terlihat juga, personel Bhabinkamtibmas yang ada di lokasi itu.

Tampak, seorang pria menanyakan siapa sosok yang masuk ke ruangan itu. Orang yang tengah diinterogasi itu menyebut, yang masuk itu bernama Husna.

"Kalau nggak salah, namanya si Husna," ujar pria tersebut.

Menurut informasi, peristiwa itu terjadi di Kantor Lurah Tanjung Mulia, selaku tempat rekapitulasi suara di Kecamatan Medan Deli.

Ketua Panwascam Medan Deli Faisal Haris membenarkan informasi kejadian itu. Dia mengatakan, peristiwa itu terjadi dinihari tadi.

"Ya, sekira pukul 02.30 WIB," kata Faisal.

Faisal mengatakan, bahwa ada salah seorang timses Caleg yang masuk ke ruangan PPK. Saat kejadian, tidak ada saksi atau anggota PPS di ruangan itu.

"Diduga, tim sukses salah satu Caleg ke ruangan pengadaan PPK Medan Deli. Padahal, tidak ada saksi ataupun PPS se-Kecamatan Medan Deli di dalam ruangan tersebut," jelasnya.

Dia menyebut, orang tersebut awalnya tidak mengaku sebagai timses, tetapi sebagai staf PPK Medan Perjuangan. 

"Saat ditanya, tim sukses tersebut tidak mengaku sebagai tim sukses, namun sebagai staf PPK Medan Perjuangan," ujar Faisal.

Akibat aksi timses tersebut, kata Faisal, saksi yang tengah mengikuti pleno itu marah hingga terjadi ricuh. Timses yang diduga menyelinap masuk ke ruangan PPK itu, sempat dikejar dan telah diamankan.

"Para saksi yang sedang mengikuti acara pleno di kecamatan ricuh dan sempat mengejar tim sukses yang keluar dari ruangan PPK. Kami curiga ada permainan antara PPK dengan tim sukses tersebut," tuturnya.

Faisal mengatakan, pihaknya telah meminta klarifikasi kepada timses itu. Namun dia belum memerinci lebih jauh, hasil klarifikasi itu.

"Sudah kita minta klarifikasi," kata Faisal.

(SM - Redaksi/Det)
×
Berita Terbaru Update