-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Sumedang Dilanda Gempa Bumi Tektonik M3,4

Minggu, 31 Desember 2023 | Desember 31, 2023 WIB Last Updated 2023-12-31T10:29:25Z
                     Penulis: Redaksi
(Foto: Dokumen BMKG)

SINAR MEDAN | JABAR

Gempa bumi tektonik terjadi di wilayah Kabupaten Sumedang, Jawa Barat (Jabar), Minggu, (31/12/2023) sekira pukul 15.38 WIB. 

Hasil analisa BMKG menunjukkan, gempa bumi ini berkekuatan M=3,4. Episenter terletak pada koordinat 6.84 LS dan 107.94 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 3 Km Timur Laut Kabupaten Sumedang, Jabar pada kedalaman 6 Km.
 
Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar aktif daerah setempat.

Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan  di wilayah Sumedang dengan Skala Intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu). 

Namun hingga saat ini, belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut. 

Gempa Bumi Susulan

Gempa bumi ini, merupakan rangkaian susulan dari gempa bumi utama M4,1 di Sumedang pada 31 Desember 2023. 


Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang,
Hartanto ST MM mengatakan kepada masyarakat, dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Pastikan informasi resmi, hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @bmkgwilayah2 atau @infoBMKG), website (http://bbmkg2.bmkg.go.id/ atau http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id).), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg.

(SM - Redaksi/Rel)


×
Berita Terbaru Update